Bagaimana Cara Memperbanyak Bunga Anthurium

Bunga yang pernah digosipkan berharga 1 milyar ini sempat mencuri pandangan saya untuk mengetahuinya lebih dalam, bagaimana tidak di kampung saya di Sumatera Barat sana, ada pula satu dua keluarga yang menanamnya, sehingga ketika Anthurium di issukan berharga tinggi, bertubi-tubi telepon dari kampung, untuk menjualkan bunga anthuriumnya kepada kolektor di jakarta. 

Karena memang tidak mudah, akhirnya saya mengatakan kepada sanak di kampung bahwa itu hanyalah “Isu politik semata”, yang dimanfaatkan untuk mengelabuhi kebijakan politik lainnya. 

Oke baiklah, dari pada kita membahas tentang harga satu pot bunga anthurium, sebaiknya kita bahas bagaimana caranya Anthurium ini bisa di budidayakan, dimana turunan berikutnya anda bisa menjualnya dengan harga milyaran kepada pelaku “money loundry”, atau dengan harga murah kepada tetangga sebelah rumah, agar mereka juga bisa menikmati keindahan bunga anthurium. 

Persimpangan pemahaman tentang Anthurium 

Para pecinta bunga yang saya temui di berbagai daerah (kecuali jakarta), seringkali bingung ketika saya katakan ini bunga anthurium, bagaimana tidak bagi kebanyakan masyarakat pecinta bunga, bunga anthurium ini bernama bunga kuping gajah, nama itu diambil karena bentuk daunnya yang berukuran besar. 

Dan ternyata anthurium ini memiliki 2 tipe yang berbeda, ada yang berdaun lebar dan ada yang berdaun kecil, sebagaimana yang dituliskan Nina Solvia dalam literatur tanaman hias yang diterbitkan oleh balai penelitian tanaman hias, anthurium memiliki dua tipe, yakni anthurium untuk bunga potong dan anthurium bunga pot. 
aneka jenis anthurium pot

Anthurium yang biasanya dijadikan untuk bisnis bunga potong memiliki spathe dan daun yang berukuran besar, dalam jumlah yang terbatas, sedangkan anthurium bunga pot spathe dan daunnya relative kecil, tapi jumlah daunnya banyak. 

Apa yang membuat anthurium ini menarik? Yang membuatnya menarik dipandang dan dibudidayakan lalu kemudian dijual, adalah spathe-nya, dimana spathe ini adalah modifikasi dari daun, bentuk warna dan ukurannya yang indah, sehingga tanaman ini memiliki nilai jual yang tinggi. 

Hingga saat ini perkembangan anthurium sangat pesat, hal ini bermula dari persilangan hibrida dari jenis Anthurium andreanum dan Anthurium scherzerianum. 

Bagaimana cara perbanyakan bunga anthurium 

Nah ini yang sering menjadi pertanyaan bagi beberapa penanam bunga kuping gajah atau anthurium diberbagai daerah yang saya temui, yakni bagaimana caranya memperbanyak anthurium, pasalnya saban hari bahkan sampai berbulan dan bertahun mereka menanam bunga ini dalam pot, tidak satu pun biji bunga yang keluar. 

Setelah diteliti lebih jauh, ternyata kebanyakan penanam bunga rumahan ini tidak mengetahui bahwa, untuk bisa berkembang biak anthurium butuh pejantan, dan kebanyakan mereka tidak tahu mana bunga yang jantan dan mana bunga yang betina, karena itu untuk lebih mudahnya silahkan simak gambar bunga anthurium jantan dan anthurium betina dibawah ini. 
jenis kelamin anthurium

Dalam proses perbanyakan tanaman ini biasanya dilakukan dengan penyerbukan silang, maka dari itu untuk menghasilkan turunan bunga yang baik, sebaiknya pilih induk jantan dan induk betina yang bagus. 

Bunga betina yang bagus untuk dikawinkan ditandai dengan permukaan spadiknya yang licin (berlendir), sedangkan untuk bunga jantan yang sudah matang dan siap untuk diambil pollennya, dicirikan dengan keluarnya serbuk sari yang berwarna putih kekuningan. 

bagian yang digunakan untuk perbanyakan anthurium

Penyerbukan manual bisa dilakukan dengan menggunakan kuas, jadi pollen yang diambil dari induk jantan di tempelkan menggunakan kuas kecil pada spadik induk betina, untuk hasil yang baik setelah pengolesan bungkus bunga betina dengan kertas. 

Persilangan yang berhasil ditandai dengan terbentuknya buah yang banyak menempel pada spadik betina, buah ini berbentuk kutil, buah yang akan dijadikan bibit ini bisa dipetik setelah 4 – 6 bulan sejak persilangan dilakukan, untuk lebih mudahnya anda bisa simak riwayat perbanyakan pada gambar dibawah ini. 
cara perbanyakan anthurium

Buah yang sudah matang ditandai dengan bentuk warna merah kehitaman dan mudah lepas dari spadik, kemudian buah ini dipetik setelah itu dibersihkan bagian daging yang berlendir, sehingga yang tertinggal adalah bijinya. 

Biji anthurium disemai dalam media campuran pasir dan moss, persemaian dilakukan selama dua bulan, setelah itu baru bisa dipindahkan kedalam pot terpisah. 

Pembibitan anthurium yang baik 

Bibit anthurium jika ingin ditanam dilahan terbuka, sebaiknya diadaptasikan terlebih dahulu pada lokasi kebun yang sama selama sebulan, ciri-ciri persilangan anthurium yang baik salah satunya adalah terbentuknya daun yang banyak, jadi jika bibit ingin dipindahkan pilihlah bibit anthurium yang memiliki 5 – 7 helai daun, dengan tinggi mencapai 25 cm, pertumbuhannya subur, normal dan sehat. 

Agar bibit utmbuh dengan baik sebaiknya rutin lakukan penyiraman. 

Penanaman 

Bagi anda yang mencintai dan membudidayakan anthurium dan ingin menjadikannya komersil, sebaiknya anthurium ditanam dalam dua cara, yakni di lahan terbuka dan didalam pot, untuk penanaman dilahan terbuka perlu dibuatkan bedengan-bedengan, dan untuk penanaman didalam pot, sebaiknya letakkna bunga anthurium dibawah naungan paranet. 

Pemeliharaan 

Kegiatan pokok pemeliharaan tanaman anthurium adalah penyiraman, sanitasi dan pemupukan, kemudian pengendalian hama dan penyakit. 

Penyiraman 

Penyiraman dilakukan setiap hari, bisa dilakukan 1 atau 2 kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari, gunakan air yang bersih bebas dari pencemaran. 

Sanitasi 

Kegiatan ini termasuk yang paling penting jika ingin mendapatkan anthurium yang baik, perhatikan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitarnya kemudian cabut, kemudian jika ditemukan tangkai daun yang mengering atau bekas serangan hama dan panyakit harus dibersihkan. 

Pemupukan 

Untuk mendapatkan bunga anthurium yang bagus dan sehat, lakukan pemupukan setiap 3 bulan sekali, puuk yang digunakan juga disesuaikan dengan fase pertumbuhan tanaman, tanaman yang masih muda dan kecil sangat membutuhkan unsur N, sedangkan untuk tanaman yang sudah dewasa membutuhkan unsur P dan K. 

Pupuk ini bisa diberikan dengan cara menyebarkan secara merata disekeliling tajuk tanaman sedalam 15 cm. 

Pengendalian hama dan penyakit 

Pengendalian ini bisa dilakukan secara mekanis, yakni memotong bagian tanaman yang terserang serta melakukan penyemprotan dengan insektisida dan fungisida. 

DMCA.com Protection StatusNah pemirsa yang budiman, selesai sudah pembahasan kita tentang cara memperbanyak bunga anthurium, untuk anda yang tertarik menjual anthurium secara online, pada saat pengiriman dalam pengemasannya sebaiknya gunakan kotak kayu, dan pada perakarannya bungkus dengan tanah, agar pelanggan anda tidak kecawa ketika menerima bunga pesanannya. 

Sampai jumpa pada permbahasan artikel selanjutnya, salam.

0 comments