Cara Membuat Buah Pinang Tetap Berat Ketika Dijual

Cara Membuat Buah Pinang Tetap Berat Ketika Dijual
Buah Pinang masak dibatang
Tanaman yang satu ini dipastikan bisa tumbuh dan hidup diseluruh wilayah Indonesia, meski harganya tidak terlalu menarik untuk dijadikan bisnis penopang penghasilan rumah tangga, namun tetap saja pinang banyak ditanam dan dibudidayakan masyarakat.

Ada banyak hal yang membuat pinang ditanam dan dipelihara, diantaranya sebagai pagar, sebagai patok batas, dan sebagai hiasan tergantung dari jenis pinangnya, namun yang umumnya dilakukan masyarakat Indonesia, pinang ditanam sebagai pengganti pagar halaman dan hiasan taman.

Buah pinang digunakan untuk pembuatan berbagai kebutuhan manusia, diantaranya sebagai campuran bahan pewarna, obat-obatan, dan juga sebagai bahan makanan sebagaimana banyak ditemukan di Papua dan wilayah timur Indonesia lainnya, dahulunya pinang sering digunakan orang sebagai buah simbolis ketika hajatan, sehingga ketika mengundang seseorang seringkali pinang diberikan sebagai bentuk penghormatan terhadap tamu yang akan diundang.

Batang pinang jika ditanam sekitar tiga atau empat batang, memanglah tidak bisa diandalkan untuk membantu ekonomi keluarga, hal ini karena harga pinang di pedangan pengumpul seringkali dibandrol sangat rendah, sehingga tidak terlalu menarik selera masyarakat untuk membudidayakannya dalam skala yang cukup luas, seperti tanaman karet atau kelapa sawit.

Di Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan misalnya, kebanayak buah pinang dibiarkan saja terbuang ketika jatuh dari tangkainya, hal ini mungkin karena disana tidak ada atau tidak banyak pedangan pengumpul yang menerima buah pinang, disamping itu harganya barangkali juga tidak terlalu menarik untuk dibicarakan, sedangkan di Provinsi Sumatera Barat, hampir ditiap kabupaten masyarakatnya mengumpulkan dan menjual buah pinang, meski harganya terkadang cuma dibandrol sekitar empat ribu rupiah perkilonya.

Buah pinang meski tidak termasuk kepada komoditi yang dibanggakan untuk menunjang ekonomi keluarga, tidak ada salahnya pula kita coba memberikan tips ringan, bagaimana buah pinang yang sudah dikupas kulitnya tetap berat ketika dijual kepada pedangan pengumpul, nah bagi anda yang suka atau hobi mengumpulkan buah pinang silahkan simak tips berikut ini.

Agar buah pinang tetap berat ketika dijual maka cara berikut ini bisa dimanfaatkan

1. Buah pinang yang akan dijual sebaiknya buah yang sudah matang seutuhnya, warna buah pinang yang sudah matang biasanya berwarna kuning orange.

2. Buah pinang yang akan dijual sebaiknya tidak dibelah dua, hal ini karena buah pinang yang bulat utuh akan lebih berat dibanding buah pinang yang sudah dibelah.

3. Jemur buah pinang dibawah terik sinar matahari langsung sampai kering, sehingga mudah untuk dikupas kulitnya, tips untuk mengupas buah pinang secara sederhana adalah dengan memanfaatkan batok tempurung kelapa, batok kelapa yang terdapat lobang ditengahnya dijadikan sebagai penahan ketika buah pinang dikupas dengan cara memukulnya.

4. Jangan simpan buah pinang didalam ruangan tertutup dalam jangka waktu dua hari, karena hal tersebut akan menimbulkan jamur pada bagian tengah buah pinang yang sudah dikupas kulitnya, jika sudah berjamur maka bagian dalamnya akan ikut terkorosi sehingga menurunkan kualitas berat buah pinang.

Nah, cukup mudah bukan cara membuat buah pinang tetap berat ketika akan dijual kepada pedangan pengumpul, selamat mencoba.


Salam …

0 comments