Cara Membuat Pembibitan Melon Dengan Polibeg

Buah kuning yang satu ini selalu menjadi Favorit bagi kebanyakan anak-anak, apalagi jika disajikan dalam bentuk jus melon, nah untuk anda yang hobi bertanam menggunakan polibeg disekeliling pekarangan rumah, kali ini kita coba berbagi tentang panduan singkat membuat pembibitan buah melon.

Bibit melon bisa diperoleh di toko-toko pertanian, selain itu bibit melon yang baik bisa juga diambil dari biji melon yang biasa dibeli di tempat penjual buah, sangat dianjurkan untuk memilih bibit yang baik dan sehat, pasalnya ketahanan bibit turut mempengaruhi hasil dari produksi batang melon yakni Buah Melon.

Tahapan persiapan pembibitan melon sebagai berikut.

1. Siapkan biji melon yang sudah dipilih

2. Rendam biji melon didalam ember selama lebih kurang satu jam

3. Biji melon yang terapung dipisahkan dengan biji melon yang terbenam didalam ember

4. Biji melon yang terendam diambil dan dikering anginkan selama lebih kurang setengah jam

Pada tahapan perendaman ini, beberapa orang ada juga yang merendam kembali menggunakan cairan Em4, fungsinya untuk menciptakan ketahanan pada bibit dengan membangkitkan bakteri yang baik untuk kebutuhan nutrisi biji.

Setelah tahap perendaman, berikutnya kita mempersiapkan polibeg kecil untuk penanaman bibit, tanah yang digunakan untuk polibeg ini sebaiknya diambil dari tanah yang banyak mengandung humus, setelah polibeg kecil diisikan tanah, berikutnya tinggal dimasukkan biji melon.

"Selama biji melon berada dalam tahap pertumbuhan, sebaiknya letakkan posisi bibit tepat dilokasi yang mendapat langsung sinar matahari pagi, bibit melon yang mendapat siraman dari sinar matahari pagi pertumbuhan batangnya akan kokoh dan kuat, dibanding dengan bibit melon yang tidak mendapat sinar matahari pagi, berdasarkan pengalaman sendiri bibit melon sudah mengeluarkan thallusnya pada umur tiga hari dari awal penanaman".

Hal yang paling penting untuk diperhatikan, selama proses pertumbuhan adalah bagaimana agar bibit melon tidak kekeringan, pembibitan disiram sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari, dibawah ini bisa anda saksikan photo penampakan dari bibit melon yang baru berumur satu minggu.

Cara Membuat Pembibitan Melon Dengan Polibeg
(Bibit melon usia satu minggu setelah penanaman)

0 comments