Rahasia sukses bertanam cabe

Seorang rekan saya pernah berkata, menanam cabe itu banyak resiko dan biayanya, sekali berhasil beruntunglah petani yang menanamnya, namun sekali tumbang habislah duit yang sudah dikeluarkan untuk biayanya, nah rekan-rekan pembaca khususnya yang hobi bertanam cabe, agar pertanaman anda sukses berikut kita berbagi ilmu bagaimana caranya agar cabe yang ditanam berhasil berbproduksi banyak dan baik.

Konsep dasar yang penting kita pahami terlebih dahulu sebelum memulai bertanam cabe adalah, bahwa tanah dan media yang dijadikan tempat bertanam cabe haruslah kaya dengan unsur syarat pertumbuhan sebatang tanaman, unsur hara yang tidak tercemar oleh pengendapan kimia, seperti karang tanah yang dihasilkan dari urea yang tidak terserap sepenuhnya oleh tanaman, dan unsur kimia lain yang tidak kasat mata. Jika ini yang terjadi pada lahan yang hendak anda jadikan tempat bertanam cabe, maka usulan saya ada baiknya lahan tersebut di obati dengan unsur organik.

Cara mengobatinya cukup gampang, dari pengalaman yang sudah saya lakukan bersama rekan-rekan perkumpulan peduli, kami memanfaatkan Bio – Organik Herbafarm, untuk menghidupkan kembali unsur hara pada tanah, pemakaian Bio – Organik Herbafarm untuk satu hektar lahan kami menghabiskan sebanyak 6 liter (6 botol), bagaimana cara perlakuannya, mari kita simak tipnya seperti dibawah ini.

Perlakuan terhadap benih cabe

1. Larutkan 20 Ml ( 2 tutup botol ) herbafarm cair didalam 2 liter air, kemudian rendam benih di dalam larutan tersebut selama lebih kurang satu jam

2. Siapkan kompos dan campurkan dengan tanah, aduk sampai rata.

3. Siapkan polybag kecil tempat pembenihan, masukkan campuran kompos dan tanah kedalam polybag tersebut, kemudian siram dengan air.

4. Masukkan biji cabe kedalam polybag sedalam 0,5 cm

5. Semprotkan pupuk bio-organik herbafarm pada bibit, setiap lima hari sekali selama 2 minggu, setelah muncul daun baru sebanyak 4 helai, bibit cabe siap untuk dipindahkan ke lahan.

Cara lengkap bagaimana proses mendapatkan benih cabai yang baik bisa anda simak pada link artikel kami dibawah ini.,

[Proses pembuatan benih cabai yang baik]

Pengolahan tanah untuk pertanaman cabe

1. Lahan dicangkul, kemudian buat bedengan dengan lebar 1 m, tinggi 30 cm, dengan panjang sesuai dengan kebutuhan, jarak antar bedeng sekitar 50 cm, kemudian taburkan kompos sebanyak 5 ton, jika anda ingin menambahkan dolomite, tambahkan agak setengah ton saja/ hektar.

2. Tutup lahan dengan mulsa plastic, kemudian lahan diairi, biarkan selama 2 hari, stelah itu bibit siap di pindahkan.

Rahasia sukses bertanam cabe
Pemeliharaan tanaman cabe

1. Larutkan sebanyak 3 sampai 6 tutup botol Bio-organik Herbafarm pertangki air.

2. Semprotkan merata pada permukaan daun dan perakaran tanaman cabe.

3. Penyemprotan bio-organik herbafarm selanjutnya bisa dilakukan sekali selama 10 hari.

4. Jika anda ingin memberikan pupuk kimia, berikan setelah 7 hari penyemprotan bio-organik herbafarm.

1 comments: