Cara membuat perangkap serangga untuk pertanaman cabai

Seringkali untuk keperluan perawatan tanaman petani membuat perangkap serangga untuk menghindari serangan serangga pada tanaman kesayangan seperti cabai, perangkap serangga ini bisa dipakai untuk jenis tanaman apa saja selain cabai, terutama tanaman hortikultura dan bisa juga untuk tanaman padi.

Perangkap serangga yang kita bahas kali ini adalah perangkap serangga yang paling sederhana, namanya lampu perangkap, saking sederhananya tidak terlalu banyak biaya yang dipergunakan, bahkan saya yang pernah mencoba menerapkan lampu perangkap ini pada areal tanaman cabai dibelakang rumah, bisa dikatakan sangat bagus dan meminimalisir biaya pestisida. Baiklah sebelum kita membahas cara membuatnya kita asumsikan dulu anda bercocok tanam cabai, untuk penerapan ke tanaman lain anda bisa kreasikan sendiri.

Sebelum kita membuat lampu perangkap ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan.

1. Lampu pijar 20 watt

2. Ember besar

3. Kedudukan lampu

4. Kabel

5. Penutup lampu/ pelindung lampu dari air.

Cara membuatnya :
Pasang lampu pijar dengan kedudukannya sekaligus dengan penutup lampu, kemudian sediakan ruang untuk meletakkan ember, bisa juga anda gunakan meja khusus untuk meletakkan ember, setelah semuanya siap, isi ember besar tadi dengan air sebanyak setengah ember. Untuk contoh bisa anda simak gambar ilustrasi dibawah ini.

menanam tanaman


Tempat pemasangan perangkap lampu sangat dianjurkan berada ditengah areal pertanaman, umumnya serangga pengganggu tanaman cabai menyukai cahaya, jadi dalam hal ini kita memanfaatkan perilaku serangga dalam menjaga tanaman, serangga penggangu utama yang paling banyak menyebabkan petani cabai menderita adalah kutu, terutama kutu kebul sebagai serangga vector dari berbagai penyakit virus pada tanaman cabai, nah kabar baiknya kutu kebul aktif dimalam hari dan sangat menyukai cahaya yang terang, jadi bila hari mulai gelap lampu perangkap dinyalakan.

Setelah anda memahami cara pembuatan lampu perangkap tentu timbul pertanyaan kapan sebaiknya perangkap lampu itu dipasang, nah dari yang pernah saya coba untuk perangkap lampu ini waktu yang tepat untuk mulai memasang perangkap lampu adalah semenjak bibit cabai dipindahkan ke areal pertanaman.

Mungkin ada juga diantara anda yang bertanya kalau areal pertanamannya jauh dari rumah bagaimana caranya, nah dalam hal ini saya asumsikan sejauh apapun areal pertanaman anda jika masih memungkinkan untuk memperoleh saluran listrik untuk lampu penerangan sebaiknya anda membuat lampu perangkap, anda bisa bandingkan berapa biaya yang anda keluarkan jika anda membuat perangkap lampu atau anda membeli racun pestisida, dengan menggunakan perangkap lampu berarti anda turut serta melakukan pengendalian serangga ramah lingkungan.

Sekian dulu pembahasan kita tentang cara membuat perangkap lampu untuk mengendalikan hama pada pertanaman cabai, selamat mencoba dan salam go green...

0 comments