Pola Makan Sehat Usia 40 Keatas

Tingkat usia yang berbeda mempunyai kebutuhan gizi yang berbeda pula karena tubuh selalu mengalami perubahan, menurut seorang ahli diet dari Nutrion research center of aging, tufs university di Boston, Helen Rasmussen merekomendasikan jenis makanan orang untuk usia 40 tahun keatas adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung Vitamin B12
Vitamin B12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, vitamin B12 dapat ditemukan dalam suplemen dan sereal yang difortifikasi, sehingga dapat diserap dengan cepat oleh tubuh, sejak usia 40 tahun konsumsilah sereal yang telah difortifikasi.

2. Pisang
Menghindari Stroke dan serangan jantung karena tekanan darah tinggi, seseorang harus mengurangi konsumsi natrium dan menambah konsumsi kalium, memenuhi kebutuhan kalium inilah dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi pisang, brokili, dan kentang.

3. Menambahkan bumbu masakan
Dengan meningkatnya usia, air liur dan kekuatan indra perasa berkurang, sehingga menurunkan selera makan, cobalah dengan menambahkan bumbu lain yang bebas dari natrium, tambahkan lada atau bumbu rempah penguat rasa, jika timbul efek buruk disebabkan rempah berlebih tersebut anda bisa mengatasi dengan banyak meminum air putih dan susu, hindari masakan yang terlalu matang karena akan menghilangkan rasa.

4. Minum susu
Kalsium baik untuk tulang dan mudah diperoleh dalam susu dan berbagai produk lainnya, para ahli mengatakan bahwa orang memerlukan lebih banyak kalsium pada usia tua, karena kadar laktosa yang menurun, orang dewasa memerlukan 1000 mg kalsium perhari dan harus ditingkatkan sampai 1200 mg untuk wanita diatas usia 50 tahun.

5. Makanan yang mengandung Lutein
Asupan Lutein perlu ditingkatkan pada usia pertengahan, gunanya untuk menjaga agar mata tidak rabun dan katarak, Lutein dapat diperoleh dari sayuran berdaun seperti bayam atau brokoli, buah-buahan seperti anggur dan jeruk serta kuning telur.
6. Hindari makanan-makanan ini
Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, mulailah mengkonsumsi susu yang rendah lemak dan makanan seperti kedelai, makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak sehat juga perlu dihindari seperti roti tawar yang memiliki kadar vitamin dan serat rendah, Jangan mengkonsumsi suplemen  jagalah kesehatan tubuh baik pada saat muda maupun sudah tua.
a. Makanan yang terlalu banyak garam
Tekanan darah anda akan terkena dampak negatif jika terlalu banyak garam dalam diet anda, tekanan pada ginjal, jantung, pembuluh darah dan otak anda akan semakin besar jika tekanan darah anda semakin tinggi, tekanan darah anda akan terkena dampak langsung dengan jumlah garam yang anda konsumsi.

Mungkin anda juga sudah mengetahui bahwa beberapa jenis makanan seperti misalnya keripik kentang memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga anda menjauhinya, namun anda masih harus waspada terhadap jenis makana lain seperti keju dan daging olahan, pizza, makanan beku, serta sereal yang mungkin menjadi teman sarapan anda, oleh karena itu sebaiknnya anda mengolah makanan sendiri dan menghindari fast food.

b. Minuman yang mengandung alkohol
Hati atau liver, organ tubuh yang akan terkena dampak dari minuman beralkohol, penyebab utama kematian pada orang yang menyalahgunakan alkohol adalah penyakit jantung, anda akan lebih beresiko untuk terkena berbagai penyakit seperti stoke, penyakit hati yang kronis serta kangker mulut jika anda mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang.
c. Makanan terlalu banyak gula
Menghindari kenaikan berat badan alasan kebanyakan orang untuk menghindari gula, para peneliti telah menemukan bahwa usia anda akan berkurang dengan terlalu banyak mengkonsumsi permen, tubuh anda akan merubah gula menjadi glukosa ketika anda memakan gula, baik itu dalam bentuk permen, setengah liter es krim atau karbohidrat dalam menu makan malam.
Penyakit gula atau diabetes adalah salah satu masalah kesehatan utama yang terkait dengan glikosa, kerusakan ginjal, penyakit jantung dan kerusakan saraf adalah berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan oleh penyakit gula, tampilan tubuh seseorang yang menderita diabetes akan lebih tua dari yang seharusnya, kerna penderita diabetes akan mengalami masalah pada mulut, kulit dan tulang.

d. Minuman yang mengandung soda
Sirup jagung yang mengandung fruktosa dan radikal bebas terdapat pada soda, resiko terkena penyakit gula, komplikasi dari penyakit gula dan kerusakan jaringan disebabkan radikal bebas, merupakan dampak buruk lain dari soda.
Soda mengandung asam fosfat yang akan menghilangkan magnesium dan kalium, padahal agar kekebalan tubuh tetap terjaga dengan optimal tubuh memerlukan magnesium dan kalium.

*dikutip dari berbagai sumber

0 comments