Manfaat Tanaman Puring

Dahulu tanaman puring dikenal juga dengan tanaman kuburan, sekarang dengan semakin banyaknya temuan manfaat tanaman puring sehingga tanaman ini juga sudah di tanam di rumah-rumah mewah.

Puring atau Croton termasuk family Euphorbiaceae keindahannya terletak pada vaiasi warna dan ukuran daun, serta corak daun seperti bintik-bintik, garis dan lain-lain, warna daunnya beragam mulai dari warna merah, kuning, orange, dan hijau, semakin tua umur tanaman warnanya juga semakin menonjol, bahkan dalam satu tanaman warnanya bisa dua atau tiga warna, bentuk daunnya pun sangat beragam.

Selain cantik, puring juga memiliki beberapa khasiat, mari kita simak apa manfaat dari tanaman puring.
1. Sebagai obat demam, air rebusan daun puring mampu menurunkan demam, kulit batangnya juga bisa mengurangi sakit perut karena diare, rebusan akarnya juga bisa digunakan untuk obat pencarahan.\

2. Puring terbukti ampuh sebagai anti polutan, hasil penelitan Ir Suparwoko, MURP, PHD, dari jurusan Arsitektur universias islam indonesia, proton terbukti mampu menyerap 2,05 mg/ I timbal, ukuran partikel timbal sangat kecil hanya 2 mikro-meter, sedangkan lebar stomata 2 - 7 mikro-meter, karena ukuran timbal lebih kecil dari pada stomata tanaman puring maka secara otomatis lebih mudah diserap oleh tanaman, namun tidak semua jenis tanaman puring mampu menyerap timbal.

Pada puring timbal diubah menjadi enzim tertentu sehingga menjadi tidak beracun dan digunakan dalam metabolisme, oleh karena itu puring sering digunakan oleh pemda/pemkot sebagai lansekap jalan.

3. Daun puring dapat dijadikan sebagai sayur dan obat tradisional, pada tahun 1660 seorang botani dari jerman Georgius Everhardus Rumphius menyatakan puring baik juga dijadikan sebagai sayur.

4. Daun puring dapat menyembuhkan penyakit kelamin, seperti rajasinga dan spilis.

menanam tanaman
(Sumber foto : indonetwork.co.id)
Dkutip dari berbagai sumber.

0 comments