Jenis Bunga Yang Bisa Dimakan

Bunga tidak hanya diciptakan untuk dinikmati mata saja, ternyata ada juga bunga yang bisa dimakan dan bikin sehat, berikut kita bahas.

Beberapa diantara bunga memang ada yang dijual dipasar untuk kemudian diolah menjadi menu makanan super lezat, soal khasiat? Hmmm... Bunga-bunga berikut ini punya manfaat keshatan yang tak kalah jauh dari kecantikan rupanya sebagai bunga.

1. Bunga Brokoli
Anda tentu kenal baik dengan bunga yang satu ini, berwarna hijau dan mengembang seperti buket bunga dengan suntikan nutrisi yang kaya akan vitamin A, kalsium, potassium, kalium, zat besi, dan selanium, selain itu ada kandungan isotisianat yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Bunga yang satu ini dapat dimakan mentah, setengah matang atau matang, namun disarankan agar tidak mengolahnya sampai terlalu matang, karena vitaminnya justru akan hilang. Bunga brokoli dapt disajikan sebagai salad, tumisan, ataupun juga sup.

2. Bunga kol
Bentuknya mirip dengan brokoli, hanya saja berbeda warna, jika brokoli berwarna hijau segar, maka bunga yang satu ini berwarna kekuningan.

Menurut departemen pertanian Amerika serikat atau lebih populer dikenal dengan nama USDA, bunga kol dapat mencukupi 77% kebutuhan vitamin C pada tubuh, selain itu bunga ini mengandung sumber nutrisi penting seperti protein, thiamin, riboflavin, niasin, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, zink, kalium, vitamin B serta beberapa asam penting untuk tubuh.

Karena bunganya lebat disarankan untuk berhati-hati mengolahnya, sering kali ada ulat yang tengah bersembunyi didalamnya, untuk itu, sebelum diolah lebih baik direndam dulu bunga kol denga larutan air garam.

3. Bunga turi
Nah, bunga yang satu ini ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah, sebagai bunga rasanya sangat mengagumkan, ia juga punya bentuk yang manis dan unik, bunga turi ini sebenarnya semakin jarang pohonnya, ia sering kali tumbuh di pedesaan sebagai tanamn pagar, denga pohon kecil namun cukup rindang.

Bunga turi biasanya dimasak sebagai campuran sayur pecel, punya kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin A yang cukup tinggi, dikategorikan sebagai bunga yang cukup sehat, ternyata bunga yang satu ini juga dapat memperlancar ASI.

4. Asparagus
Jika anda pecinta berbagai sup yang lezat, termasuk sup asparagus yang sulit ditolak kelezatannya, disajikan dengan kepiting atau steak, asparagus ini punya berbagai khasiat keshatan yang luar biasa, asparagus kaya akan kandungan asam folat, rendah kalori, tidak memiliki kandungan lemak dan kolesterol, sifatnya diuretik sehingga memperlancar pencernaan.

menanam tanaman

0 comments