Membuat Pestisida Organik Daun Sirsak

Beberapa dekade terakhir pakar penyakit tanaman merekemondasikan agar jika mengendalikan tanaman pendekatannya menggunakan pestisida nabati, atau dikenal juga dengan pengendalian secara hayati, rekomendasi para pakar tersebut sangat beralasan, pasalnya semakin banyaknya hama dan penyakit yang menciptakan ketahanan pada organel sel pengganggu tanaman tersebut.

Artikel kita kali ini akan membahas bagaimana cara membuat pestisida nabati menggunakan daun sirsak, perlu diketahui daun sirsak selain buahnya, daun ini juga sangat berguna untuk membantu pengendalian hama pada tanaman, zat pahit yang terdapat pada daun sirsak tidak disukai oleh hama, oleh sebab itu bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan hama pada tanaman.

Cara membuat pestisida nabati dari daun sirsak
1. Siapkan botol jeriken ukuran lima liter.
2. Siapkan daun sirsak sesuai dengan kebutuhan, dalam hal ini saya asumsikan kita akan membuat ramuan pestisida untuk satu tabung sprayer ukuran kecil, untuk takaran tersebut kita bisa menyiapkan daun sirsak sebanyak seratus lembar.
3. Cincang daun sirsak sampai halus, untuk point kedua ini daun sirsak bisa juga anda campurkan dengan daun tanaman melur.
4. Setelah daun sirsak dicincang halus kemudian campurkan dengan air sebanyak empat liter.
5. Aduk sambil daun sirsak diremas-remas didalam air, aduk sampai air berwarna hijau kecokelatan.
6. Tahap berikutnya diamkan air daun sirsak dalam jeriken, karena sifatnya kita akan menciptakan semacam fermentasi maka air daun sirsak tersebut kita diamkan selama lebih kurang satu minggu.

Jika anda hobi bertanam cabai di dalam Pot, maka air rendaman daun sirsak ini sangat bagus di gunakan untuk mengusir kutu kebul dan serangga trhips pada daun cabai, perlu diketahui kut kebul dan trhip merupakan serangga vektor yang paling banyak menularkan penyakit, pada cabai salah satunya adalah penyakit Gemini virus, sekedar tips dari saya berikut cara menggunakan air rendaman daun sirsak yang biasa saya lakukan pada tanaman cabai hidroponik di rumah saya.

Cara menggunakan pestisida nabati daun sirsak
Semprotkan air rendaman daun sirsak dibagian bawah daun cabai, permukaan bawah daun cabai merupakan tempat yang paling menyenangkan bagi serangga untuk berkembang biak, untuk itu semprot bagian ini setiap kali anda melihat serangga berkumpul, serangga yang paling sering ditemukan adalah kutu hijau dan kutu kebul.

Ketika anda rajin memperhatikan permukaan bawah daun dan menyemprotkan air rendaman daun sirsak maka daun cabai anda akan terlihat baik dan terawat, sehingga daun cabai akan tumbuh subur. 

0 comments