Ekologi Tanaman Jagung (Zea mays)

Jagung merupakan bahan makanan pokok setelah padi di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri jagung menempati urutan terpenting kedua diantara makanan pokok, bahkan di beberapa wilayah, jagung merupakan bahan makanan pokok. Produksi jagung di dunia menempati urutan ketiga dari tanaman sereal di dunia. Jagung tidak hanya dimanfaatkan oleh manusia, tetapi juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Jagung dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian tempat antara 0 sampai 4000 meter di atas permukaan laut di daerah tropika.Di samping itu, jagung dapat juga tumbuh pada berbagai tipe tanah di daerah lintang dari 58 derajat utara hingga 40 derajat selatan.Namun demikian, penyebaran jagung sangat dibatsi oleh toleransinya terhadap suhu dan curah hujan.

Suhu yang diinginkan oleh tanaman  jagung untuk proses perkecambahan dan pertumbuhannya adalah suhu optimum antara 23 sampai 27 derajat. Namun, jagung dapat juga tumbuh dengan baik pada kisaran suhu antara 10 sampai 43 derajat celsius.

Curah hujan yang baik selama pertumbuhannya minimum 200 mm  per tahun dan curah hujan maksimum 1500 mm per tahun dan curah hujan optimum antara 400 - 600 mm per tahun.

Jagung dapat tumbuh dengan baik pada tanah-tanah yang memiliki drainase yang baik selama musim hujan. Jika persyaratan yang satu ini dapat diberikan maka tanaman jagung pun dapat tumbuh pada tanah liat berlempung atau lempung berpasir.

menanam-tanaman
(Sumber foto: cybex.deptan.go.id)

0 comments