Sekilas Tentang Penyakit Tanaman

Meski sudah memasuki abad 21 pengendalian penyakit tanaman di seluruh negara-negara Agraria belum juga menemukan hasil yang signifikan, masih saja kita saksikan dan dirasakan berbagai epidemi penyakit tanaman, terutama terhadap tanaman pangan, tanaman perkebunan dan tanaman hutan, sebaliknya jumlah perkembangan penduduk dunia kian hari kian bertambah, walau berbagai usaha tetap dilakukan guna menekan angka pertumbuhan penduduk dunia.
Konsekuensi dari laju pertumbuhan yang cepat tersebut jelas, kebutuhan akan pangan juga semakin bertambah, kebutuhan akan sandang dan papan demikian pula. masalah kekurangan ini terjadi di seluruh belahan bumi, terlebih terhadap negara berkembang dan negara miskin. memang segala usaha telah dilakukan guna mengatasi persoalan kekurangan pangan ini, namun hasilnya selalu saja tidak seimbang antara pertumbuhan penduduk dengan ketersediaan pangan.
kehilangan hasil pada tanaman cabe
(Gambar ; Cabe yang terserang penyakit)

Kekurangan pangan, sandang dan papan akan terus menjadi masalah global yang nampaknya tidak akan pernah ditemukan solusi permanen guna mengatasinya, terutama di negara berkembang dan negara miskin, mereka kesulitan mengatasi perkembangan penduduk, produksi sandang, pangan dan papan akibat berbagai kendala, serta iklim yang kurang bersahabat, sering merupakan proses sebab dan akibat yang berputar-putar, dan ironisnya hampir selalu berujung kepada kelaparan dan kesengsaraan yang tidak tertanggungkan.
Hal lain, upaya untuk pencarian jalan keluar acapkali dikiaskan sebagai pepatah "Easy sain than done", namun upaya harus tetap dilakukan bila kita tidak ingin kalah berlomba dengan nasib buruk, memang dibeberapa tempat dan waktu hasilnya sudah kelihatan dan cukup menggembirakan, walaupun angka laju pertumbuhan penduduk masih tetap gendut. Pengusahaan pertanian bagi petani di negara berkembang masih berskala kecil masih bersifat eksentif, sebagai akibat kekurangan modal dan pendidikan, hal ini jelas tidak akan begitu berpengaruh terhadap penyelesaian dua masalah besar tadi, dan lingkaran setan yang ditimbulkannya dengan sendirinya tidak akan beranjak pergi.

Menurunnya secara relatif ketersediaan dan produksi tanaman pangan, disebabkan oleh berbagai masalah, dan salah satu penyebabnya adalah epidemi penyakit tanaman, semakin besar epidemi maka akan semakin besar resiko kekurangan hasil produksi tanaman.

0 comments