Ruang Lingkup Bioteknologi

ruang lingkup bioteknologi terapan
(Ilustrasi)
Istilah Bioteknologi lebih populer semenjak dua dekade terakhir, tepatnya ketika Paul Berg tahun tujuh puluhan menghasilkan rekombinan DNA petama dengan menggunakan enzim "ligase", sejak saat itu teknologi yang berkaitan dengan rekayasa materi genetik mengalami perkembangan yang pesat.

"Ketika diuraikan secara harfiah, kata bioteknologi berasal dari bahasa latin yakni "bios, teknos,dan logos", dengan demikian arti kata bioteknologi secara leksikal, adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik pemanfaatan segala potensi yang dimiliki oleh makhluk hidup. Lalu pertanyaan berikutnya, pemanfaatan yang bagaimana? sampai seberapa jauh pengertian pemanfaatan tersebut? Pemanfaatannya tentu saja dengan memandang kaidah-kaidah pengetahuan ilmu biologi secara luas, termasuk dalam hal ini upaya pengendalian biologis yang dilakukan dalam rangka mengendalikan hama dan penyakit tanaman secara terpadu, teknologi fermentasi misalnya, pembuatan tempe dan lain sebagainya".

Jika diperhatikan lebih mendalam lagi, sebenarnya sasaran makna yang dimaksudkan dengan bioteknologi ditengah masyarakat ditujukan untuk konteks yang lebih spesifik, apa yang dipahami mereka adalah sesuatu yang berkaitan dengan upaya pemanfaatan kemampuan organisme hidup melalui tindakan eksploitasi potensi genetik yang dimiliki suatu organisme. oleh karena itu, istilah yang lebih tepat sebenarnya adalah teknologi gen (gentecknology), yakni teknik yang berkaitan dengan kegiatan analisis dan rekayasa materi genetik suatu organisme. Analisis mengandung arti pada tindakan-tindakan isolasi, identifikasi dan karakterisasi. sedangkan rekayasa bisa berarti pada tindakan merubah komposisi materi genetik baik dengan cara mengurangi, menambah atau merubah tanpa mengakibatkan pengurangan dan pertambahan terhadap materi genetik yang telah ada, termasuk didalamnya tindakan pengintegrasian informasi genetik dari suatu organisme kepada organisme lain.

0 comments