Beragam Hama Pengganggu Tanaman

Pada bagian pertama kita telah membahas tentang Serangga, jika anda belum sempat membacanya dapat dibaca kembali disini, maka bagian dua ini kita akan membahas tentang Eriophydiae dan Tikus serta mamalia yang menjadi hama bagi tanaman.

Eriophydiae
Atau disebut juga tungau, mencakup suatu kelompok penting hama sayuran yaitu tungau laba-laba (spider mites). Ukurannya  kecil dan berwarna kekuningan atau merah. Spesies yang paling umum adalah Tetranychus cinnabarius dan Tetranychus urtica. Keduanya adalah spesies yang kosmopolitan dan polifag yang dapat merusak kerabat Cucurbita dan legum. Mereka dapat dikendalikan dengan banyak insektisida, tetapi ada beberapa yang tidak efektif, karena perbedaan fisiologi dari kelompoknya.

Tikus dan Mamalia (Binatang menyusui) lainnya
Hewan-hewan ini dapat menyusahkan jika populasinya terus bertambah. Tikus lorong  (Mole rats atau Tachyorytes splendeus) merupakan hama penting di daerah-daerah tertentu di Afrika yang menimbulkan kerusakan besar terhadap tanama-tanaman umb-umbian; dan mereka juga sulit untuk ditangkap. Untuk spesies yang lain, pemasangan umpan dengan antikoagulan berhasil baik, tetapi dalam keadaan tahan, mungkin harus menggunakan fosfit seng; dan yang disebut akhir ini juga dapat digunakan untuk hama binatang menyusui lainnya, tetapi kurang manusiawi.

Siput dan Keong
Merupakan hama yang tersebar luas di dunia dan pemakan lahap sayuran daun hijau. Bekicot raksasa Afrika (Achatina spp.) dalam jumlah besar dapat menghancurkan dan sekarang tersebar luas di Timur Jauh sejak diintroduksi sebagai makanan enak yang disukai. Karena mereka makan pada malam hari, penggunaan obor yang baik dan seember air panas merupakan pengendalian yang murah (cost effective). Untuk keong-keong yang lebih kecil umpan dan semprotan metaldehid berhasil baik.
menanam-tanaman
(Tikus, salah satu hama tanaman)
Pembahasan tentang nematoda akan dibahas dalam artikel tersendiri pada bagian 3

0 comments