Menanam lidah buaya (Aloe Vera)

Tahukah anda bahwa salah satu tanaman hias yang paling banyak manfaatnya adalah lidah buaya? dan ternyata tanaman hias yang paling mudah di busidayakan adalah lidah buaya ini (aloe vera). Tanaman ini sangat mudah berkembang biak di lahan kurang subur sekalipun, bahkan di taman terkadang kecepatan tumbuh berkembang lidah buaya ini bisa mengganggu bunga lainnya. Dalam 2 bulan saja 1 tanaman lidah buaya bisa berkembang menjadi 5.

Cara menanam lidah buaya ini cukup sederhana, yakni berikut ini:
  1. Siapkan lahan kosong, jika anda ingin tumbuhan jenis kaktus ini tidak menyebar kemana-mana maka siapkan pot tanaman. Sehingga perkembangan aloe vera nanatinya bisa dibatasi.
  2. Ambil calon bibit lidah buaya dari kebun orang lain (minta), cabut tanaman lidah buaya 1 saja usahakan akarnya yang banyak.
  3. Tanam lidah buaya yang anda ambil tersebut sehingga semua akar tidak terlihat lagi. Siram dengan sedikit air.
  4. Pada minggu pertama perhatikan daun paling luar lidah buaya, apakah layu atau tetap segar. Jika layu ada kemungkinan akar di gerogoti hama seperti semut dan serangga tanah lainnya. Jika ini terjadi lidah buaya dapat dicabut kembali dan bersihkan media tanam.
  5. Biasanya dalam sebulan akan tumbuh tudas baru di samping tanaman lidah buaya yang ditanam. Tunas baru ini bisa dijadikan bibit lidah buaya baru.
Bagaimana sangat sederhana bukan? memang demikianlah cara menanam lidah buaya, dan pada umumnya tanaman kaktus memang mudah dibudidayakan. Bahkan ada sebagian kaktus yang dapat dikembang biakkan dengan potongan daunnya saja. Setelah lidah buaya tumbuh besar kurangi penyiraman air, sebab lidah buaya tidak membutuhkan banyak air sama seperti tanaman kaktus lainnya. Berbeda halnya dengan anggrek dan bunga pacar ataupun mawar dimana tanaman ini harus selalu diberi air.

"Untuk memanfaatkan lidah buaya menjadi perawatan rambut cukup mudah, ambil saja daun lidah buaya, belah daun tersebut dan gosokkan ke rambut. Lidah buaya dikenal mampu menyuburkan rambut. Selain sebagai perawatan rambut dan kulit, aloe vera juga dapat dijadikan minuman berkhasiat mengatasi panas dalam".
Menanam lidah buaya (Aloe Vera)