Menanam Jagung Irit Biaya

Menanam jagung bukanlah hal yang sulit, teknik budidaya jagung tidak banyak berkembang dari waktu ke waktu. Proses penanaman hampir sama dan diajarkan secara turun temurun oleh orang tua kita. Namun demikian perlu diketahui teknik yang tepat serta musim tanam yang baik untuk dapat menghasilkan produksi jagung yang baik. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan jika ingin menanam jagung skala besar yang tujuannya komersil, terutama masalah pemilihan bibit.

"Bibit jagung yang baik ditanam adalah bibit unggul, saat ini sudah banyak sekali varian bibit jagung unggul, diantaranya Hibrida, Jagung India dan lain-lain. dalam memilih bibit jagung ini jangan termakan iklan produk sebuah bibit, sebab tidak semua bibit sama bila ditanam di tempat berbeda. Misalkan saja, di darah saya sangat cocok ditanam bibit jagung Bisi atau NK-33 cocok ditanam di daerah saya, nah bibit jagung ini bisa jadi tidak berbuah bila di tanam di daerah anda. Untuk itu dalam memilih bibit sebaiknya pastikan tentang hasil yang bisa dicapainya di daerah anda, dan bertanyalah ke sesama petani yang telah menanam jagung sebelum anda".

Hal lain dalam menanam jagung yang perlu anda perhatikan adalah musim tanam, jika anda menanam jagung diluar musim tanam biasanya harga panen anda akan tinggi, tapi resiko gagal panen sangat besar. Alasannya adalah karena hama penyakit jagung hanya menumpuk di perkebunan anda, sebab orang lain tidak menanam jagung. Oleh karena itu sebaiknya menanamlah ketika musim tanam tiba.

Analisa pendapatan budidaya jagung juga harus anda baca terlebih dahulu, tanpa membaca hal tersebut saya hanya bisa memberi anda sebuah kesimpulan berdasarkan pengalaman bahwa menanam jagung pada lahan dibawah 1 Ha tidak menguntungkan, bilapun menguntungkan untungnya hanya sedikit. Bila anda memang ingin mendapatkan untuk yang pasti dengan berkebun jagung maka sebaiknya tanamlah jagung minimal 1 ha.

Cara menanam jagung paling simpel dan mudah (modal sedikit).
  1. Bersihkan lahan perkebunan anda dengan menyemprotkan herbisida (racun rumput).
  2. Setelah 3 hari semua rumput ilalang dan gulma lainnya akan mati, maka lobangi tanah dengan jarak 30 cm dengan kedalaman 10 CM
  3. Isi setiap lobang dengan 2 butir bibit jagung unggul (hibrida, pioner, bisi dan lain-lain)
  4. Tutup lobang dan biarkan jagung tumbuh.
  5. Jika tanah terlalu kering atau musim kemarau maka basahi tanah sekitar penanaman jagung.
  6. Proses selanjutnya hanyalah menunggu jagung tumbuh, selanjutnya melakukan pemupukan setelah umur jagung 3 minggu.
  7. Penyiangan jagung yang sudah besar juga tidak diperlukan lagi, cukup disemprot saja dengan herbisida.
Untuk berkebun jagung skala besar tidak cocok dilakukan tumpang sari, namun demikian jika anda ingin tahu juga apa tanaman sela yang cocok dikombinasikan dengan tanaman jagung salah satunya adalah tanaman cabe. Tapi biasanya bukan cabe yang berfungsi sebagai tanaman sela untuk tanaman jagung melainkan jangunglah yang berfungsi sebagai tanaman sela pada kebun cabe merah.

Pada dasarnya cara tanam jagung seperti ini memang terlihat praktis dan irit namun sepertinya memiliki efek samping yang kurang baik, yakni rusaknya kandungan nutrisi tanah akibat terlalu sering disemprot dengan herbisida. Hal inilah yang saat ini sedang dihadapi petani kita di banyak daerah dimana kondisi tanah yang mereka kelola sudah mulai rusak dan tercemar oleh zat-zat kimia yang berasal dari herbisida dan juga pestisida.

Menanam Jagung  Irit Biaya


baca juga : cara menentukan umur tanaman jagung