Macam-macam Olahan Lidah Buaya

Setelah kita mengetahui cara tanam lidah buaya ternyata begitu mudah dan simple, alangkah baiknya kita juga mengetahui tentang apa saja yang bisa dibuat dengan lidah buaya. Hasil olahan dari lidah buaya sangat banyak, seperti; untuk kosmetik, untuk minuman, masker wajah, shampoo, obat herbal (terutama untuk panas dalam), lotion dan lain-lain. Kandungan nutrisi lidah buaya memang sangat cocok untuk kesehatan kulit dan rambut, inilah sebabnya banyak produk kecantikan yang menyertakan extract aloe vera dalam produk yang mereka jual.

Berikut ini beberapa olahan dari lidah buaya:
  1. Minuman, lidah buaya dapat dijadikan jus atau bisa juga daging daun lidah buaya dimasukkan kedalam minuman dalam bentuk potongan dadu. Daging daun lidah buaya mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan, dan juga kecantikan kulit.
  2. Masker wajah, lidah buaya secara langsung juga dapat dijadikan masker wajah. Sangat berguna untuk menyegarkan kulit dan memperkecil pori-pori wajah. Cara menjadikan aloe vera sebagai masker wajah sangat sederhana anda hanya perlu memotong daun lidah buaya dan mengeluarkan getah yang ada di dalamnya untuk dijadikan masker.
  3. Shampoo, lidah buaya secara langsung juga dapat digunakan sebagai shampoo untuk menyuburkan sekaligus memperkuat akar rambut. 
  4. Puding lidah buaya, daging lidah buaya yang dihaluskan dapat dijadikan campuran puding yang lezat.
  5. Herbal untuk panas dalam, daun lidah buaya cukup dibersihkan dan dipotong-potong untuk mendapatkan airnya dan diminum. Cara membuatnya bisa disimak disini.
  6. Manisan atau asinan lidah buaya, sudah banyak dicoba dan dijadikan usaha rumahan. Terbukti digemari masyarakat.
  7.  dan lain-lain
"Untuk mendapatkan daun lidah buaya yang baik dijadikan makanan olahan atau untuk kecantikan sebaiknya rawat lidah buaya dengan baik, sehingga menghasilkan daun yang sehat, besar dan panjang. Panjang daun lidah buaya dapat mencapai 60 cm bila dilakukan pemupukan yang tepat dan ditanam di tanah yang subur. Harga daun lidah buaya dengan kualitas baik cukup tinggi mencapai Rp. 4000 / Kg. Lidah buaya dapat ditanam di dalam pot maupun di tanah".

Harga olahan dari lidah buaya tentu saja lebih mahal daripada harga jual daun lidah buaya. Hal ini karena sudah ada pertambahan nilai pada olahan tersebut. Untuk minuman lidah buaya sangat cocok dikombinasikan dengan sari lemon.

Untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada lidah buaya dapat digunakan air rebusan daun pandan. Sehingga aroma tidak sedap lidah buaya dapat berubah menjadi aroma pandan. Campuran lain yang cocok dengan lidah buaya adalah jagung manis, kombinasi daging lidah buaya dan jagung dalam minuman dapat menimbulkan sensasi berbeda pada minuman (satu kenyal dan satunya lagi renyah).

menanam-tanaman.blogspot.com
(Sumber Foto : 1000macammanfaat.com)

*Update (Oktober/ 17/ 2015)