Teknik Budidaya Tanaman Jarak

Deutsch: Bio-Diesel-Tankstelle
Deutsch: Bio-Diesel-Tankstelle (Photo credit: Wikipedia)
Budidaya tanaman jarang mungkin akan terdengar lucu bagi orang yang belum memahami peluang bisnis dari tanaman jarak. Tahukah anda bahwa saat ini ada program pengembangan tanaman jarak untuk dijadikan sebagai bio diesel? nah jika anda tahu tentu saja anda tidak akan heran jika ada orang yang menanam jarak dalam skala luas. Selama ini jarak hanya dikenal sebagai tanaman pagar, namun berkat teknik pertanian maka sudah tersedia juga jarak unggul dimana jarak unggul ini cepat berbuah dan buahnya banyak.

Secara sederhana budidaya jarak tidaklah sulit, sebab tanaman ini memang sangat mudah dikembang biakkan. Sebanarnya selain untuk biodiesel jarak juaga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal, Khususnya obat kulit. Ada dua teknik budidaya tanaman jarak yakni:
  1. Pengembangan / Pembibitan dengan biji.
  2. Pembiakan dengan stek batang.
Biji jarak yang dijadikan bibit adalah biji dari buah yang sudah tua, di dalam buah yang tua akan terdapat biji jarak berwana hitam, Biji inilah yang disemaikan kedalam polibek. Lama pembibitan jarak berkisar 2 – 3 bulan hingga tanaman jarak muda tersebut dapat ditanam di lahan kebun. Adapun biji jarak unggl yang resmi dikeluarkan oleh deptan adalah  IP 1A, IP 2A, IP 1M, IP 2M dan IP 1P juga IP 2P. Semua bibit jarak yang dikeluarkan oleh deptan ini kabarnya memiliki produksi tinggi.

"Budidaya jarak juga seBaiknya dilakukan secara tumpang sari, sebab kepastian akan harga biji jarak ini belum ada, atau dengan kata lain harga pasarannya tidak ada. Jadi bila budidaya jarak kita lakukan secara tumpang sari maka seandainya sajapun nanti biji jarak tidak laku kita sebagai petani masih bisa memperoleh penghasilan dari tanaman sela dari kebun jarak. Adapun tanaman sela yang cocok ditumpangsarikan dengan jarak adalah kacang tanah".

Sebelum terjun ke bisnis budidaya tanaman jarak ada baiknya anda mencari informasi kepastian akan harga dan pasar biji jarak. Bisa jadi di daerah anda pasar dari tanaman jarak ini tidak tersedia, sehingga usha budidaya anda akan menjadi sia-sia belaka.

Teknik Budidaya Tanaman Jarak