Bunga Anggrek

Bunga anggrek atau bahasa inggrisnya Orchid merupakan bunga yang dapat tumbuh baik di seluruh wilayah Indonesia. Bunga anggrek juga sangat digemari sebagai tanaman hias, namun demikian tidak semua bunga anggrek dapat dibudidayakan atau ditanam secara sembarangan karena ada jenis bunga anggrek yang dilindungi oleh pemerintah karena dikategorikan bunga anggrek yang terancam punah. Ada beberapa cara tanam bunga anggrek berdasarkan jenisnya; anggrek tanah dan anggrek pohon (epifit).

Anggrek tanah adalah anggrek yang bisa dibudidayakan pada media tanah. Ciri umum anggrek tanah adalah anggrek yang cenderung memiliki umbi. Beberapa jenis anggrek yang dapat ditanam ditanah adalah: Spathyphyllum, Epidendrum, Spathoglottis, Scorpion Orchid, dan lain-lain. Semua anggrek tanah yang disebutkan diatas memiliki varian warna yang beragam.
bunga anggrek
Anggrek epifit atau sering disebut anggrek menompang hidup, anggrek ini biasanya tumbuh di permukaan kulit pohon. Untuk budidaya tanaman hias angrek ini dapat ditanam di dalam pot dengan media sabut kelapa, arang dan sebagainya. Bunga anggrek ini cenderung lebih tahan dari bunga anggrek tanah. Jenis-jenis anggrek ini diantaranya: Cattleya, Dendrobium, Grammatophylum, Oncidium, Phalaenopsis, Vanda.

Tahukah anda apa aggrek yang populasinya terbesar di bumi saat ini? mungkin jawaban anda adalah anggrek yang berupa tanaman hias. Ternyata anggrek yang terbanyak populasinya di bumi saat ini adalah Vanili, ya betul sekali vanili yang bisa dijadikan pengharum makanan dan minuman juga merupakan jenis anggrek. Smile.

  • Budidaya anggrek memang bisa sebagai hobi dan bisa juga sebagai peluang bisnis, saat ini sangat banyak orang yang mau membeli bibit anggrek dengan harga yang lumayan mahal bila dibandingkan dengan harga bunga lainnya. Apakah anggrek bisa dipelihara secara hidroponik? ya bisa, hidroponik anggrek sangatlah mudah terutama untuk jenis anggrek tanah. cara menanam anggrek secara hidroponik sama saja dengan cara hidroponik tanaman lainnya untuk menanam secara hidroponi dapat anda lihat di sini.
Menanam anggrek sebagai usaha sangat bagus, karena berkebun tanaman hias dapat dijadikan usaha sampingan. Jadi jika anda sedang mencari peluang usaha sampingan tidak ada salahnya menjadikan budidaya anggrek sebagai pilihan, beda halnya dengan tanaman pangan seperti tomat dan cabe atau paprika yang sulit dijadikan sebagai usaha sampingan.