Cara Mengenal Karakteristik Bibit Tanaman Sayur

Nederlands: Repronegatief. Vrouwen trekken bib...
Nederlands: Repronegatief. Vrouwen trekken bibit, Kedoeng Malang, Buitenzorg (Photo credit: Wikipedia)
Jenis perkembang biakan tanaman sayur sangat beragam, ada dengan umbi, ada dengan biji ada juga dengan tunas. Tanaman sayur yang berkembang biak dengan umbi diantaranya; kentang, wortel, lobak putih bawang merah dan bawang putih, dengan tunas; daun bawang dan tanaman sayuran dapat diperbanyak dengan biji diantaranya; semua jenis sawi (sawi putih, sawi hijau, sawi jepang dan kol), terong, pario, oyong, timun, semua jenis kacang (buncis, kacang tanah, kedelai, kacang panjang dan lain-lain), bayam, kangkung akar, cabe, paprika dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bibit tanaman sayur ini biasanya tersedia di toko pupuk pertanian, kualitas bibit di toko pupuk biasanya sudah berstandar SNI. Banyak sekali merek untuk bibit tanaman misalnya bibit cabe merah keriting merek bintang, red hot, dan lain-lain begitu juga tomat diantaranya tomat bintang dan sakura yang sangat digemari petani karena memiliki hasil panen yang baik.

Memproduksi bibit tanaman sendiri juga bisa dilakukan, baik dengan persilangan ataupun murni dari satu keturunan. Biasanya hasil persilangan akan menghasilkan varian baru dari sebuah tanaman, dan bisa menjadi tanaman unik. Di kesempatan lain kita akan menjelaskan cara menyilangkan sebuah tanaman agar mendapatkan varian sayur yang berbeda dengan induknya.

Untuk memproduksi bibit tanaman sendiri lebih mudah dilakukan pada tanaman biji, kita cukup menunggu tanaman tersebut berbunga, berbuah dan buah menjadi matang (tua), buah yang tua ini kemudian dijemur dan disimpan. Bibit tanaman jika dikeringkan dengan baik bisa bertahan hingga 5 tahun.

Harga bibit tanaman biasanya akan lebih mahal dari harga tanaman itu sendiri, misalnya bibit kangkung sekilo jauh lebih mahal daripada anda membeli kangkung sekilo. Perbedaannya bisa mencapai puluhan kali lipat. Oleh karena itu jangan heran jika harga 100 gram bibit cabe merah keriting bisa mencapai Rp. 150.000. kontrol terhadap harga bibit tanaman ini juga cukup unik dimana harga bibit dari sebuah merek terkenal bisa saja melambung tinggi jika ketersediaannya di pasar cukup langka.

Untuk menguji kualitas bibit tanaman dalam bentuk biji yang baik cukup sederhana, sebelum bibit tersebut disemai rendamlah biji-bijian tersebut dalam air selama 1 jam, jika ada benih yang mengapun maka bisa dipastikan bibit/ benih tersebut tidak baik untuk ditanam, jika mengambang di tengah air bibit tersebut kurang baik untuk ditanam, dan bila semua benih tenggelam dalam air bisa dikatakan bibit tanaman sayur tersebut berkualitas baik.

Selain membeli di toko pupuk bibit tanaman juga bisa dibeli secara online, saat ini sudah banyak orang yang menawarkan bibit tanaman sayur secara online dengan merek dan harga yang tercantum dengan jelas. Jika anda membeli bibit tanaman secara online sebaiknya pastikan bahwa harga bibit yang mereka jual dalam batas yang wajar, jika ada menjual bibit tanaman secara online dengan harga yang sangat murah sebaiknya hati-hati atau hindari membeli di toko online tersebut.

Karakteristik Bibit Tanaman Sayur