Apotik Hidup Hidroponik

DOWNLOAD DAFTAR APOTIK HIDUP YANG BISA DITANAM SECARA HIDROPONIK
"Tanaman apotik hidup adalah tanaman yang berkhasiat untuk obat-obatan, seperti obat sakit perut, obat sakit kepala, obat kembung, obat masuk angin, obat pelangsing hingga bahan-bahan kosmetik kecantikan untuk wanita. Contoh tanaman itu antara lain; jahe sebagai obat batuk kering, kunyit sebagai antibiotik alami, temu lawak sebagai penambah selera makan, mahkota dewa sebagai obat penurun darah tinggi begitu juga timun, rosella yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan banyak sekali jenis tanaman yang dapat dikategorikan sebagai apotik hidup".
Bagi kita yang memiliki pekarangan luas tentu saja dapat dengan leluasa menanam tanaman obat-obatan tersebut, nah bagaimana dengan kita yang halaman pekarangan rumahnya cukup sempit? Pasti akan terkendala jika ingin menanam berbagai jenis tanaman apoti hidup. Untuk itu solusi paling tepat adalah menanam tanaman obat tersebut secara hidroponik, dimana tanaman hidroponik ini bisa diletakkan secara bertingkat-tingkat pada rak.

Hampir semua tanaman apotik hidup dapat ditanam secara hidroponik. Tanaman apotik hidroponik yang paling mudah dibuat adalah tanaman yang menghasilkan biji atau buah sebagai bahan obat; misalnya mahkota dewa, rosella, dan lain-lain. Untuk tanaman dimana umbinyalah yang dapat dijadikan sebagai obat mungkin akan terkendala pada jenis media hidroponik yang tepat. Sebab umbi jika terlalu sering terkena air akan cepat membusuk, walaupun umbi tersebut dalam keadaan hidup.

Untuk membudidayakan apotik hidup secara hidroponik pada lahan yang terbatas sebaiknya menggunakan rak-rak tanaman, sehingga tanaman obat bisa disusun pada rak-rak tersebut dalam jumlah yang banyak, atau dikombinasikan dengan tanaman hias.

Berikut ini beberapa jenis tanaman obat yang dapat dengan mudah dibudidayakan secara hidroponik:

KEJI BELING = sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah
SAMBILOTO = menekan pertumbuhan kangker dan melindungi hati
HANDEULEUM = obat wasir dan demam
TEMPUYUNG = menghancurkan batu ginjal
BELUNTAS = obat penurun panas dan penghilang bau badan
BUNGA KENOP = obat sesak napas
DAUN DEWA = obat pendarahan dan kejang pada anak.
CIPLUKAN = obat paru-paru dan juga obat batuk
JARAK BALI = demam dan obat bisa ular
JATI BELANDA = obat sakit perut
KEMUNING = obat bisul
KUMIS KUCING = obat sembelit

Semua tanaman tersebut dapat dengan mudah ditanam secara hidroponik, ada sebahagian yang dikembang biakkan dengan biji, ada juga dengan batang. Proses pembuatan media hidroponik untuk tanaman obat sama saja dengan membuat hidroponik pada tanaman holtikultura yang dapat anda lihat di sini.

Apotik Hidup Hidroponik