Cara Menanam Paprika Dalam Pot

DOWNLOAD TATA CARA MENANAM PAPRIKA DALAM POT

Cara menanam paprika dalam pot sama halnya dengan menanam cabe dalam pot, lagipula paprika juga termasuk kedalam jenis cabe-cabean. Tanaman pot bisa sebagai tanaman hias bisa juga sebagai tanaman pangan, atau sekaligus keduanya. Paprika bisa dijadikan tanaman hias karena warna buahnya yang menarik dan tersedia dalam beberapa warna; paprika merah, hijau dan kuning. Harga bibit paprika lebih mahal dari pada harga bibit cabe, di Indonesia terdapat beberapa merek bibit/ benih paprika salah satunya Golden Star yang produksinya cukup tinggi.

cara menanam paprika dalam pot

Cara pembenihan paprika.

Sebelum ditanam dalam pot ada baiknya benih paprika disemai terlebih dahulu di wadah kusus pembenihan, wadah ini sebaiknya berada dibawah naungan pohon atau pagar, jika tidak tersedia pepohonan di halaman rumah kita, maka bisa juga dimodifikasi dengan memasang atap dari karton atau pelepah batang pisang.

Setiap hari benih paprika yang disemai ini disirami sekali sehari, sebaiknya di sore hari, dan dikontrol dari hama pengganggu terutama semut yang sangat suka memakan atau membawa biji-bijian benih paprika ini. Selama pembeniha tidak diperlukan pemupukan ataupun penyemprotan zat daun ataupun pestisida.

Setelah benih setinggi 3 – 5 Cm, benih tersebut sudah bisa dipindahkan kedalam pot, hal penting pada saat pemindahan; sebaiknya benih jangan dicabut tapi dicongkel dengan menggunakan sekop kecil agar semua akar dapat terangkat secara sempurna. Setelah dicabut dari penyemaian segeralah pindahkan ke dalam pot yang telah disiapkan.

Cara mengisi media paprika tanam dalam pot

Isi dasar pot/ kaleng bekas/ ember bekas dengan batu kerikil setelah itu isi dengan tanah, diatas tanah isi dengan sabut kelapa dicampur dengan kandang sapi (kompos) dan diatas kompos sirami dengan pasir dan ditas pasir isi dengan humus yang tebal. Pot untuk paprika yang terbaik terbuat dari pot tanah liat yang bagian bawahnya meiliki lobang-lobang, selain itu juga bisa digunakan ember bekas yang bagian bawahnya dilobangi dan atau gunakan saja polibek besar.

Cara menanam paprika dalam pot

Setelah media tanam telah diisi dengan sempurna dan merata maka bibit paprika dari penyemaian bisa ditanamkan. Tancapkan paprika sedalam 2 cm kedalam media tanam, lalu sirami dengan sedikit air sekedar membasahi tanah. Selanjutnya kegiatan kita sehari-hari hanya menyiram pot dengan air sebaiknya pada sore hari, dan tetap menjaga agar paprika tidak terkena panas matahari berlebihan.

Pada umur 2 minggu saat ini sangat penting dilakukan pemupukan pancingan, arti pancingan disini adalah memberi sedikit pupuk agar tanaman paprika mampu merespon zat makanan berupa pupuk buatan dengan baik. Biasanya pupuk pertama ini hanya pupuk Urea taburi tipis di sekeliling batang paprika, jarak dari batang sekitar 5 cm. Alternatif lain bisa juga diberi pupuk cor (pupuk yang dicairkan dan difermentasikan), pupuh cor ini lebih efektif dibandingkan dengan pupuk butiran yang ditabur langsung.

Pada minggu ketiga lakukan pemupukan komplet; minimal urea + TSP, pupuk deberikan lebih banyak dari pemberian sebelumnya sebab saat ini seluruh akar-akar paprika telah aktif menyerap zat-zat makanan. Adapun ukurannya sekitar 30 gram per batang paprika. Saat ini sebaiknya perhatikan dedaunan paprika, jika terdapat lobang-lobang bekas digigit serangga, atau terdapat kutu-kutu kecil di sekitar daun maka sebaiknya lakukan penyemprotan pestisida secukupnya khususnya menggunakan insektisida untuk memusnahkan hama pengganggu tanam paprika dalam pot tersebut.

Ketika bunga paprika telah muncul maka pemupukan dilakukan lebih sering menjadi 2 kali seminggu, begitu juga dengan penyemprotan pestisida. Saat ini juga penyemprotan sudah ditambah dengan penyemprotan zat daun yang sanngat berguna memperlebat daun-daun paprika, juga disemprotkan zat buah dan anti rontok bunga. Semua obat dan pupuk diatas dapat anda tanyakan langsung ke toko pupuk pertanian, dan tanyakan semua yang cocok untuk cabe, sebab pupuk dan obat paprika sama saja.

Jika di daerah anda tidak bisa ditemukan (sulit mendapatkan) bibit / benih paprika, saya bersedia membantu mengirimkan / membeli bibit paprika di daerah saya (Berastagi), tentu saja uang pembelian bibit paprika dan ongkos kirim anda yang harus menanggungnya. Berastagi merupakan salah satu sentra pertanian di Sumatera utara, di sini dengan mudah ditemukan toko-toko pupuk yang sekaligus menjual bibit/ benih tanaman dan bunga seperti; bibit/benih cabe, tomat, sawi, kubis/ kol, seledri, kangkung, semangka, melon, timun, buncis, bunga dahlia, bunga-bunga lain yang dapat dikembang biakkan dengan biji. Demikianlah gambaran cara menanam paprika dalam pot ini yang dapat kita diskusikan bersama melalui form komentar.