Mencari Solusi Hidup Sehat Dengan Tanaman Herbal

Download Tips Obat Herbal Untuk Aneka Penyakit.


Tanaman herbal di zaman modern ini semakin diminati, hal ini disebabkan sugesti dari berbagai pihak tentang efek samping dari tenaman herbal lebih sedikit dibandingkan dengan obat generic atau resep yang diproduksi oleh pabrik, sebenarnya tidaklah demikian, sebab tanaman herbal sekalipun pasti memiliki efek samping. Arti dari herbal adalah alami, atau bahan murni dari alam tanpa rekayasa kimiawi. Di blog ini saya kita hanya akan menuliskan tentang tanaman, cara menanam tanaman dan tidak akan masuk ke ranah medis dunia kedokteran atau farmasi.

Mencari tanaman yang dapat digunakan sebagai pencegah atau obat sebuah penyakit sebenarnya tidaklah sulit, langkah yang tepat dan aman adalah sebagai berikut:
  1. Periksakan kesehatan anda ke dokter
  2. Setelah ada diagnosa dari dokter maka anda sudah mengetahui jenis penyakit anda, jika jenis penyakit sudah diketahui pasti dokter akan memberikan resep untuk penyakit anda, misalnya gagal ginjal, diabetes, asma, darah tinggi / hipertensi, asam urat atau keputihan.
  3. Setelah obat didapat coba baca komposisi obat resep atau kandungan yang tertera di label.
  4. Dari kandungan inilah kita akan mencari herbal untuk penyakit tersebut. Misalnya anda didiagnosa mengidap penyakit Anemia, maka di label kandungan obat generic (resep) akan tertera salah satunya adalah zat besi, maka untuk mencari obat herbal untuk anemia ini anda bisa mencari tanaman yang kandungan zat besinya tinggi seperti bayam, daun ubi dan lain-lain. Begitu juga dengan diabetes cobalah anda baca kandungan obat diabetes anda setelah itu carilah tanaman herbal untuk diabetes yang memang mengandung zat yang ada pada obat diabetes.
Tanaman Herbal
Mungkin ada kendala ketika anda ingin mencari kandungan zat pada tanaman mana yang cocok untuk penyakit anda, kendala ini dapat diatasi dengan membeli ensiklopedia tanaman atau search internet tentang kandungan zat pada tanaman. Kita buat contoh asma adalah penyakit menurun dan obat asma adalah salbutamol, maka tanaman herbal tepat untuk asma adalah tanaman yang mengandung theophylline ternyata zat theophylline terdapat pada kopi, jadi dalam ramuan herbal untuk obat asma anda sebaiknya masukkan juga bubuk kopi kedalamnya.

Contoh diatas juga bisa digunakan untuk mendapatkan tanaman herbal untuk gagal ginjal, diabetes, maag, hipertensi, asam urat dan lainnya. Kandungan dari berbagai macam tanaman dapat anda dapatkan di toko buku, biasanya dalam bentuk ensiklopedia tanaman. Cara menanam tanaman herbal dan khasiatnya juga ada banyak ditulis dalam bentuk buku, jadi jika anda ke toko buku sempatkan membeli kedua jenis buku tersebut.

*Update (July/18/2016)

0 comments