Tuesday, July 23, 2013

Teknik Budidaya Penanaman Bunga Krisan

Anda tahu bunga krisan? Itu lho bunga yang mirip dengan bunga dahlia. Bunganya memiliki kelopak yang banyak seperti bunga matahari, bung krisan ini salah satu bunga yang bisa dibudidayakan secara ekonomis, karena permintaan bunga krisan untuk papan bunga, rangkaian bunga untuk pesta untuk acara ulang tahun perusahaan, untuk aca pembukaan atau lounching perusahaan dan lainnya. Sehingga bisa dipastikan permintaan bunga krisan ini terus ada dari hari ke hari. Menariknya lagi ternyata untuk mebudidayakan bunga krisan ini cukup mudah karena dapat berkembang dengan baik dengan teknik penanaman yang sederhana sekalipun.

Dengan penjelasan diatas saya rasa anda juga bisa menangkap sebuah peluang usaha (bisnis) sebagai petani bunga krisan. Untuk itu secara praktis saya akan membagikan sedikit teknik penanaman bunga krisan dengan tujuan budidaya secara ekonomis. adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1.  Pertama dapatkan teelebih dahulu bibit bunga krisan (dalam bentuk biji), bibit ini secara resmi diproduksi oleh Balai Penelitian Tanaman Hias di Indonesia (BALITHI), anda bia memesannya di sana.
  2. Semai bibit bunga krisan tersebut.
  3. Siapkan lahan (digemburkan, beri pupuk dasar dan tutup dengan plastik mulsa)
  4. Setelah bibit berukuran 3 CM, pindahkan bibit ke lahan tanam dengan jarak tanam 20 – 30 CM
  5. Setelah seminggu masa tanam beri pupuk pemancing (cukup urea saja)
  6. Minggu ke dua beri pupuk lagi (Urea + TSP) ditambah dengan menyemprotkan jat daun dan pestisida
  7. Selanjutnya setiap 2 minggu sekali lakukan pemupukan dan penyemprotan zat daun dan bunga (bisa dibeli di toko pupuk pertanian)
  8. Setelah calon bunga mulai bermunculan hentikan pemberian zat daun dan pestisida.
  9. Saat bunga mulai mekar, maka bunga krisan tersebut siap untuk dipanen dengan cara dipotong.
Pemasaran:
Selama masa tanam usahakan menghubungi toko bunga, pembuat papan bunga, penyedia jasa pelaminan dan penjual bunga di pasar yang ada di kota anda sehingga pemasaran akan lebih terjamin. Tanyakan mengenai harga dan umur bunga mekar yang bersedia mereka beli. Untuk budidaya bunga krisan memang sering sekali terkendala di pemasaran ini, terutama bagi kita yang kurang mengetahui pangsa pasar bunga krisan.

Semoga artikell singkat ini bisa membantu anda untuk membangun sebuah bisnis alternatif dalam busidaya tanaman hias, selain bunga krisan bunga dahlia juga dapat dibudidayakan dengan teknik ini. jika ada pertanyaan atau tambahan mengenai teknik budidaya tanaman silahkan tambahkan melalui komentar atau hubungi kami melalui kontak.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...