Thursday, July 11, 2013

Menata Bunga di Rak Bertingkat

Salah satu optimasi tanaman hias di halaman pekarangan yang sempit adalah dengan menanam bunga dalam pot dan menatanya di rak bertingkat. Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara menata bunga di rak bertingkat, menyangkut model/ desain rak, bahan pembuat serta susunan bunga yang baik diapplikasikan pada rak bertingkat.

Bahan untuk rak bertingkat cukup banyak pilihan diantaranya; kayu (papan), rangka besi, dan kawat. Bahan yang paling mudah untuk dijadikan rak bertingkat adalah kayu. Bentuk dari rak yang paling baik adalah seperti jenjang atau anak tangga sehingga memudahkan kita untuk meletakkan pot-pot bunga serta proses perawatan bunga-bunga tersebut. Perawatan tanaman bunga paling utama adalah penyiraman dan pemotongan (menggunting) daun-daun/ bunga yang sudah tua, agar tanaman hias tersebut tetap terlihat indah.

Susunan tanaman hias di rak bertingkat dapat diatur berdasarkan perioritas perawatan, tinggi tanaman serta estetika keindahan. Tanaman yang paling sulit perawatannya diletakkan di rak paling bawah atau di rak yang mudah dijangkau. Jika kita mengacu pada keindahan views tentu akan lebih baik tanaman yang tingginya menutupi tanaman lain diletakkan di rak paling atas, sehingga tidak menghalangi pandangan terhadap tanaman bunga yang lebih pendek. Untuk penyiraman mungkin tidak terlalu menjadi masalah, sebab di rak paling tinggi sekalipun dengan mudah dapat disiram dengan selang air.

Jenis-jenis bunga yang cocok untuk rak bertingkat adalah bunga-bunga berpohon kecil hingga sedang, sebab bunga yang demikianlah yang bisa dianami dalam tabulapot atau pot sederhana. Sedangkan untuk tanaman bunga berkayu besar mungkin akan sulit dibudidayakan dalam pot sehingga tidak memungkinkan disusun di rak tanaman bertingkat. Beberapa bunag yang berpohon kecil hingga sedang; mawar, Bougainville, semua jenis bakung, suplir, dahlia, Allium, Amarilis, Anthurium, Aster, anggrek, Asoka, Krisan, Lavender, Lily, Seruni, dan lain-lain.

Saat ini model-model rak begitu banyak ditawarkan usaha pertamanan, ada rak yang meliuk-liuk hingga menyerupai pola batik, ada rak bertingkat yang bisa ditempelkan di tembok dan banyak jenis lagi rak yang bisa kita temukan dengan mudah di usaha pertamanan. Selain membeli kita juga bisa meranacang rak sendiri, dengan cara membawa desain rak tersebut ke bengkel las dan memesan pembuatan sesuai dengan gambar yang kita inginkan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...