Friday, July 5, 2013

Budidaya Tanaman Seledri Daun Sup

Salah tanaman yang kerap dijadikan sebagai salah satu bumbu masakan adalah daun sup (seledri). Membudidayakan seledri dapat dilakukan secara hidroponik dan secara tradisional diatas tanah. Seledri dapat berkembang biak dengan biji, namun cara yang sering digunakan untuk mengembang biakkan seledri adalah dengan peranakan seledri, yangkni dengan menanam kembali seledri siap konsumsi dan menunggu tumbuhnya tunas baru, ketika tunas baru ini muncul segera dipisahkan dari induknya dan ditanam di tempat lain. cara seperti ini sangat cocok dilakukan untuk membudidayakan seledri skala rumahan.

Jika kita ingin membudidayakan seledri skala ekonomis (lahan besar) maka sebaiknya budidaya seledri dilakukan dengan menyemai biji (benih). Benis seledri atau daun sup ini cukup mudah didapat dan harganya juga murah. Benih bisa juga didapat dari tanaman seledri yang sudah tua dan berbunga, biarkan saja bunga tersebut berkembang menjadi biji-biji tua, dan ketika tua potong kuntum biji tersebut lalu keringkan. Biji-biji kering ini bisa disimpan atau langsung disemaikan.

Apakah tanaman seledri bisa dijadikan tanaman yang ekonomis (menghasilkan)? Ya sangat bisa, selain modal yang dibutuhkan cukup kecil harga seledri di pasaran juga termasuk stabil dengan tingkat fluktuasi perubahan harga yang sangat kecil. Kebutuhan seledri bisa dikatakan tetap tinggi di sepanjang tahun, masa panen juga bisa kapan saja sebab seledri bukan tanaman musiman.

Berapa banyak hasil seledri per m2 lahan? Jumlah seledri yang bisa dihasilkan dalam 1 m2 bisa mencapai 250 gram per panen, dan seledri ini bisa bertahan hingga setahun lebih. Masa panen seledri bisa 1 kali dalam seminggu.

Berapa luas ideal tanaman seledri? luas ideal untuk tanaman seledri bisa dikatakan tidak ada ketentuan baku, namun sebagai gambaran seledri untuk skala ekonomis biasanya dijadikan sebagai tanaman sampingan di pinggir2 lahan pertanian, atau di pematang-pematang lahan. Seledri juga sering ditumpangsarikan dengan daun bawang atau terong dan jagung.

Apa saja kendala dalam budidaya seledri (daun bawang)? Kendala utama adalah permintaan pasar. Permintaan pasar terhadap seledri memang selalu ada dan stabil, hanya saja jumlah yang diminta tidak begitu besar, setiap pedagang eceran di pasar sayur biasanya haya menstok seledri sebagai barang dagangan berkisar antara 1 – 5 Kg saja per pedagang. Hal ini wajar saja sebab setiap kali memasak seledri yang dibutuhkan dalam masakan tidak begitu besar, ( ± 2 lembar setiap kali memasak). Lagipula tidak semua masakan membutuhkan seledri sebagai bumbu pelengkap atau tambahan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...