Wednesday, May 29, 2013

Tanaman Hidroponik Skala Rumah Tangga

Banyak tanaman yang dapat dibudidayakan secara hidroponik dengan skala kecil untuk keperluan rumah tangga. Tanaman tersebut trutama untuk keperluan konsumsi atau bumbu dapur, seperti; cabe, tomat, terong, daun bawang, seledri, oyong, pario, kubis dan sayuran lainnya. Selain untuk keperluan dapur budidaya hidroponik skala rumah tangga juga bisa dilakukan untuk tanaman herbal (apotik hidup) terutama untuk herbal daun dan buah seperti daun katuk, mahkota dewa dan lain-lain.

Konsep menanam tanaman hidroponik skala rumah tangga sama saja dengan konsep budidaya tanaman hidroponik skala usaha. Yang terpenting dalam budidaya secara hidroponik adalah jenis media tanam yang cocok untuk daerah kita, adapun beberapa bahan media hidroponik diantaranya, arang, sabut kelapa, batu apung dan lain-lain selengkapnyan dapat anda lihat di sini.

Syarat utama menanam tanaman secara hidroponik di rumah bisa dikatakan tidak ada, asal kita memiliki ruang terbuka baik itu di halaman depan rumah atau belakang rumah maka disana bisa diletakkan tanaman hidroponik, yang penting adalah kita memiliki pot atu wadah lain seperti plastik polibek, kaleng bekas, ember bekas maka budidaya hidroponik sudah bisa dilakukan.

Menanam tanaman secara hidroponik cukup mudah, kuselitan sebahagian orang sering terletak pada teknis pemupukan tanaman hidroponik. Banyak orang yang memupuk tanaman hidroponik dengan menaburkan pupuk secara langsung ke permukaan media tanam. Secara konsep hidroponik hal ini salah, sebab kita tidak menggunakan tanah, oleh karena itu pemupukan harus dilakukan dengan pupuk cari atau dicairkan dan disiramkan ke atas media tanam. Oleh karena itu salah satu syarat media tanam hidroponik haruslah dapat menyerap air. Perlu juga diperhatikan konsentrasi kelembapan saat melakukan penyiraman pupuk, konsentrasi kebasahan media tanam tidak boleh lebih dari 60 %. Cara mengetahui tingkat kebasahan sudah lebih dari 60 % cukup sederhana, yakni dengan mengangkat pot wadah hidroponik, jika terjadi tetesan air berarti tingkat kebasahan sudah melebihi 60 %.

Pemilihan bibit tanaman hidroponik sangat penting walaupun itu sakala rumah tangga, agar hasil yang kita dapat lebih maksimal gunakanlah bibit tanaman yang unggul. Bibit unggul ini dapat diperoleh di toko-toko pupuk pertanian, atau memesan secara online. Sekalian nih pada kesempatan ini saya menawarkan diri untuk membantu anda dalam mendapatkan bibit tanaman hidroponik, kebetulan saya tinggal di daerah yang berkonsentrasi pada bidang holtikultura jadi di sini sangat banyak jenis bibit unggul terutama untuk tanaman sayuran, buah-buahan dan bunga, seperti; cabe unggul, toma, kubis/ kol, buncis, terong antaboga (terong merah unggul), bunga dahlia, dan berbagai bunga lain yang dikembang biakkan dengan biji. Semua bibit yang saya tawarkan buatan balai pembenihan pemerintah dan swasta. Jadi sudah bisa dijamin keunggulan dari bibit-bibit yang akan anda beli dari saya. Semua pesanan bibit akan saya kirimkan dengan paket pos atau JNE dengan harga sesuai harga toko ditambah ongkos kirim dan tentu saja ditambah uang jasa pembelian sebesar Rp 5000/ pengiriman paket. Jika anda tertarik bekerja sama dengan saya dalam membeli bibit tanaman yang akan ditanam secara hidroponik silahkan hubungi saya di 085271630608, beserta pengiriman bibit akan saya sertakan cara menanam tanaman tersebut secara hidroponik dan secara tradisional.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...