Tuesday, May 14, 2013

Analisa Usaha Budidaya Tomat

Budidaya tomat secara sepintas bagi masyarakat kota mungkin adalah usaha yang kurang menjanjikan, tidak hanya tomat tapi usaha tani lainnya seperti cabe, kol/ kubis, kentang, bawang merah akan terlihat sebagai usaha yang merepotkan dan usaha kaum menengah kebawah di mata sebahagian orang. Masih adanya anggapan bahawa usaha pertanian itu adalah kerjaannya kalangan menegah kebawah saja mungkin karena belum pernah melihat analisa pendapatan usaha budidaya tomat dan pertanian lainnya. selain itu petani merupakan profesi yang nilai sosialnya dianggap rendah, padahal petani saat ini adalah kaum yang memiliki penghasilan diatas UMR setiap bulannya. Untuk melihat hal tersebut mari kita perhatikan analisa usaha budidaya tomat berikut ini.

Budidaya tomat adalah usaha pertanian yang memproduksi buah tomat untuk dijual atau ditanam secara ekonomis. Secara umum petani akan mendapatkan keuntungan ketika harga jual tomat diatas Rp.2000,- ketika harga berada di kisaran Rp. 1500 petani masih bisa memperoleh keuntungan dengan syarat hasil produksi tanaman tomat mereka diatas 5 ton. Setahun belakangan ini harga tomat bisa dikatakan stabil diats Rp.2000. Seorang petani tentu saja mengharapkan harga seperti ini bisa bertahan lama, dan sebaliknya warga di perkotaan sebagai konsumen selalu berharap agar harga tomat bisa lebih murah lagi.

Itulah dilemma usaha pertanian, dimana masyarakat di pedesaan sangat mengahrapkan harga hasil-hasil pertanian selalu tinggi sehingga mampu mendatangkan keuntungan, dan masyarakat perkotaan selalu menginginkan harga beli tomat atau hasil pertanian lainnya yang murah. Di Negara maju dilemma seperti ini tidak ditemukan, harapan masyarakat yang ada adalah hasil produksi yang tinggi sedangkan mengenai harga mereka tidak terlalu memikirkan. Mungkin hal ini karena biaya produksi pertanian di Negara maju jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya produksi di Negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Dilema usaha pertanian ini memang ibarat koin dengan dua sisi bagi pemerintah selaku pembuat kebijakan. Harga hasil pertanian yang tinggi akan menyusahkan masyarakat yang tinggal di perkotaan dan harga hasil pertanian yang rendah akan semakin memiskinkan petani yang tinggal di pedesaan. Untuk itu sudah selayaknya petani kita mulai berbenah dengan cara memperbaiki pola budidaya tanaman tomat dan pertanian lainnya. perbaikan pla budidaya tomat ini tentu akan mampu menurunkan biaya produksi dan meningkatkan hasil produksi tanaman tomat.

Langkah-langkah yang dapat diambil untu meningkatkan produksi tomat dan menurunkan biaya budidaya tomat diataranya:
  • Menanam bibit tomat yang terbukti memiliki produksi yang tinggi, dan tahan terhadap hama penyakit.
  • Menerapkan pola pertanian yang mengguankan teknologi tepat guna. Saat ini masih banyak yang kita temukan petani yang menanam tomat tanpa menggunakan mulsa, padaha mulsa terbukti mampu meningkatkan hasil pertanian serta mampu menekan biaya produksi terutama biaya untuk tenaga kerja. Dengan menggunakan mulsa maka tidak dibutuhkan lagi tenaga kerja untuk menyiangi atau membersihkan rumput yang tumbuh sekitar pohon tomat.

Saat ini ada dua jenis bibit tomat unggul yang biasa digunakan untuk budidaya tomat sekala besar yakni bibit toamat bintang dan bibit tomat sakura. Keduanya memiliki kelebihan yang berbeda.

Untuk teknik penanaman tomat saya tidak akan menjelaskan panjang lebar di halaman ini karena itu bukanlah suatu yang teramat penting, inti menanam tomat dalam budidaya tomat adalah:
  • penyuburan lahan
  • pembibitan tomat
  • penanaman
  • perawatan
  • panen dan,
  • penanganan pasca panen.

Saya yakin para pembaca sudah memahami point-point tersebut diatas. Dan dalam budidaya yang paling perlu dicari petani adalah bibit unggul yang sudah terbukti produksinya tinggi, dua jenis bibit tomat yang saya sebutkan diatas telah terbukti di kalangan masyarakat petani. Mencari teknik pengolahan pupuk dan penanganan hama yang efisien dan murah sehingga biaya budidaya tomat bisa ditekan semurah mungkin. Kecuali untuk anda yang memang belum tahu cara menanam tomat dan ingin menanam tomat dalam pot maka dihalaman lain akan saya beri gambaran cara membudidayakan tomat dalam pot (untuk hobi).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...